Selamat Datang di Website Resmi PR. IPNU - IPPNU Desa Kirig

Kenapa Oh Kenapa Sebagian Umat Islam Terpikat Ideologi Ekstrem?



Assalamu'alaikum Warohmatullah,,,

Selamat Siang Rekan-Rekanita semua...Pada kesempatan kali ini Admin ingin Berbagi informasi tentang suatu pertanyaan Kenapa Oh Kenapa Sebagian Umat Islam Terpikat Ideologi Ekstrem?? yang Diambil dari Situs Resmi NU yang terbit pada hari Jum'at tanggal 15 kemarin,,,Yuuuppss Betul Sekali...

Langsung saja disimak Baik-baik Ya...

Meski berbagai upaya dilakukan untuk mencegah dan memberantas ekstremisme, namun faktanya kelompok-kelompok Islam garis keras tetap ada, bahkan tumbuh, pada abad modern ini. Mengapa ini bisa terjadi?

Menurut Wakil Menteri Agama sekaligus Mustasyar PBNU, KH Nasaruddin Umar, hal itu lebih disebabkan oleh apa yang ia sebut sebagai “religious shock” ("kepanikan beragama") yang menjangkiti umat Islam hingga kini.

Ia mengatakan, masa depan telah datang lebih cepat dari kesiapan mental kaum muslim untuk menghadapinya. Rekam sejarah Islam yang pernah mengalami zaman keemasan sebagai penguasa dunia belum terhapus dari benak mereka, sementara realitas kondisi mereka sekarang justru menunjukkan sebaliknya.

“Ini yang menyebabkan religious shock,” ujarnya saat menjadi narasumber dalam dialog terbuka “Warning ISIS: Antara Gerakan Ideologi-Agama vs Gerakan Politik Global” di Aula Sasana Amal Bakti Kemenag RI, Jakarta, Kamis (14/8).

Nasaruddin juga menjelaskan tentang perkembangan pemikiran keislaman di Indonesia seiring merebaknya pendirian IAIN dan UIN. Perguruan tinggi-perguruan tinggi ini lalu menjadi tempat subur kajian pemikiran tokoh reformis Islam, Muhammad Abduh, yang di kemudian hari menciptakan revolusi pemikiran keislaman, termasuk dengan munculnya liberalisme.

Religious shock pun kembali terjadi di sini. Secara reaksioner kelompok ekstrem lahir untuk melawan perkembangan baru ini. “Liberalisme adalah anak kandung globalisasi, sementara saudara kandungnya ya kelompok-kelompok garis keras itu,” tutur mantan Katib Aam PBNU ini.

Nasaruddin juga menilai, sekelompok orang yang tertarik bergabung dengan gerakan ekstrem Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) juga mengalami kasus yang sama. Langkah antisipasinya bisa dilakukan dengan memperluas kesadaran umat Islam dan melindungi tempat-tempat strategis, seperti masjid, dan penguasaan ISIS dan sejenisnya.


Gimana Pendapat kalian tentang Artikel ini..Silahkan Paparkan pendapat kalian semua di kotak Komentar... Sekian dan Terima Kasih



Salam Belajar, Berjuang, Bertaqwa..



NB : PLEASE KLIK IKLAN UNTUK DONASI WEB

Wassalamu'alaikum Warohmatullah,,,
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

Anonymous
September 14, 2014 at 8:26 PM

karena masyarakat indonesia keinginanny yg mudah n mudah...trmasuk dlam beragama...

Post a Comment

Terima Kasih telah memberikan komentar pada Artikel ini.
Semoga Bermanfaat

LAZISNU UNTUK UMAT

Popular Post

 
Support : NU Pusat | IPNU IPPNU Kirig | PC. IPNU IPPNU Kudus
Copyright © 2014. IPNU-IPPNU RANTING KIRIG - All Rights Reserved
ReDesigned by Cah Koedoes Published by Syafi' el-syada
Powered by Blogger
::: Silahkan kirimkan kritik, saran, dan hasil karya kalian melalui email kami di : ipnu.ippnukirig@gmail.com ::: Info Pemasangan iklan, hubungi kami via email : ipnu.ippnukirig@gmail.com atau Via HP : 085 742 085 786 ::: Follow kami untuk mendapatkan berita terbaru :::